resep bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet


resep bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet

resep bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet

selamat siang ibu-ibu, masak apaan siang ini? kali ini ibu iis mau berbagi resep rahasia bakso sapi kenyal tanpa pengawet, ini resep memang rahasia dari usaha bakso saya di kota pekalongan, resep ini lain dari bakso bakso yang di jual di pinggir jalan dan jika anda menguasai resep ini bukan hanya anda bisa membuat bakso yang enak, tapi juga bisa di jual dengan harga yang lebih murah dari yang lain, resep kali ini bukan hanya tanpa pengawet, tapi ini juga resep bakso sapi kenyal tanpa pemutih buatan, jadi disamping enak resep ini juga sehat dan pasti halal.
baiklah ibu-ibu berikut resep membuat bakso sapi kenyal dan alami :
pertama siapkan bahan-bahanya sebagai berikut:
  • 1kg Daging sapi segar, usahakan yang tidak ada uratnya yang berwarna putih seperti serat itu.
  • 1/4 kg gajih 
  • 1kg tepung tapioka (pati) dalam hal ini jangan pakai tepung yang khusus buat bakso, tapi belilah tepung kiloan yang ada di pasar, karena ini yang menyebabkan beda dari bakso lain.
  • 2 butir telur, cuci dulu telurnya karena kalau tidak di cuci masakan kita jadi najis, bayangkan saja telur yang baru keluar dari ayam itu pasti kena kotoranya walaupun kadang tidak kelihatan tapi hukum tetap najis, sedangkan telur isinya cair, ketika kita pecahkan telur pasti cairan telur akan mengenai permukaan telur yang najis, jadi najis lah si isi telur dan najis pula semua makanan yang kecampur itu, (maaf ya mama dede ceramah)
 untuk bumbu campurannya sebagai berikut :
  • 1/4 kg bawang putih
  • 1 sendok makan merica butir kemudian haluskan terlebih dahulu
  • 1 bata garam ukuran sedang
  • 1 wadah micin ukuran harga 2rb
  • bawang goreng
cara membuatnya :
  1. haluskan bawang putih, merica dan bawang goreng dengan cobek (diulek) tambahkan 1/4 saja dari garam bata tadi, sisanya sisihkan dulu,
  2. setelah bumbu halus masukan dalam satu kantong antara bumbu halus dan sisagaram dan micin,
  3. bawa kantong itu beserta daging , gajih tepung dan telur
  4. langsung saja otw ke tukang giling bakso di pasar, karena kalau kita mengaduk adonannya sendiri pasti hasilnya tidak akan enak karena kurang rata mengaduknya.
setelah jadi adonan bikin bulat2 tapi saran saya jangan bikin yang bulat besar, karena resep ini paling enak buat yang ukuran kecil.
bikin bulat bulat bakso anda enaknya sambil dengerin mp3 di addmp3.info  sambil nunggu bikin kuah, dan untuk membuat kuah yang segar seperti ini caranya:
siapkan tulang iga sapi / tulang sumsum, 1/4 kg bawang putih, 1 - 2 sendok merica, bawang goreng.(haluskan semua bumbu ini)

cara pembuatan kuah bakso nya seperti ini :
panaskan 10liter air sampai mendidih, lalu masukan tulang sapi akan lebih baik bagian iga atau juga tulang sumsum dan jangan masukan gajih karena itu akan merusak kesegaran kuahnya, setalah itu masukan bumbu yang sudah di haluskan tunggu sampai rasa meresap sempurna, begitu lah resep bakso sapi murah da kenyal tanpa pemutih serta pengawet , untuk kalian yang ingin jualan bakso bisa dengan resep ini yang pasti bisa jual lebih murah dari yang lain.
baca juga:
resep bakso ikan
resep bakso goreng isi telur

0 Response to "resep bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet"