6 Cara agar Hati Sejuk dan Tenang dengan Sholat

Sholat merupakan tiang agama, orang yang meninggalkan sholat fardhu secara terang-terangan, berarti dia kafir secara terang-terangan pula. Sholat fardhu yang wajib dilakukan ada lima waktu. Mulai dari sebelum matahari terbit atau di waktu fajar, hingga malam hari.

Sholat juga dapat menenangkan hati, tapi tak semua orang yang sholat mendapatkan ketenangan hati tersebut. Ada caranya agar sholat itu dapat menenangkan dan menyejukkan hati.
Sholat / Gambar via muslim-academy.com
Inilah 6 cara agar hati sejuk dan tenang dengan sholat :
  1. Kejujuran dan Ketulusan

    Untuk melaksanakan sholat harus dengan hati yang jujur. Kita memfokuskan pikiran dan tubuh kita hanya pada Allah Ta'ala dan tidak sedikitpun berpaling darinya. Artinya kita harus khusyu' dalam melakukan sholat.
  2. Ihsan

    Yaitu merasa dirinya selalu diawasi oleh Allah Ta'ala. Dengan begitu, orang ihsan yang sholat akan melakukan sholatnya dengan sangat baik. Karena ia malu jika sholatnya salah, jika ia melakukan hal yang buruk, karena setiap perbuatannya diawasi oleh Allah Ta'ala.
  3. Senantiasa Merasa Memiliki Kekurangan

    Betapapun baiknya suatu hal yang kita kerjakan, tentu saja masih ada salahnya. Oleh karena itu, kita juga harus merasa bahwa kita masih ada salah. Tidak ada yang sempurna kecuali Allah Ta'ala.
  4. Ikhlas

    Melakukan sholat harus dengan niat yang ikhlas. Niat ingin menghadap Allah Ta'ala, karena ingin melihat Allah Ta'ala di akhirat nanti, dan karena takut atas siksaan-Nya. Oleh karena itu, mantapkan hati ketika sholat, lakukanlah dengan baik tanpa maksud dan tujuan duniawi.
  5. Menjadikan Sholat Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sebagai Acuan

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam telah mencontohkan gerakan sholat kepada para umatnya. Oleh karena itu, contohlah sholat dari Nabi Muhammad Shallalallahu 'Alaihi wa Sallam, jangan mengada-ada dan membuat inovasi yang tidak ada dasarnya.
  6. Mengakui Karunia-Nya

    Mengakui karunia bahwa semua yang ia dapatkan bersumber dari Allah Ta'ala. Harta, keluarga, jabatan, dan hal baik lainnya adalah dari Allah Ta'ala. Jika bukan karena kehendak Allah Ta'ala, semua itu tak akan terjadi.
Itulah cara agar hati sejuk dan tenang dengan sholat. Jadi, sholat tidak asal sholat, tidak asal membaca bacaan sholat dan melakukan gerakan sholat. Tapi, sholat juga harus dilakukan dengan hati yang bersih dan sebaik-baiknya.

0 Response to "6 Cara agar Hati Sejuk dan Tenang dengan Sholat"