4 Cara Agar Daging empuk



Tidak terasa sebentar lagi hari raya kurban, dan pastinya dihari itu kita semua akan berpesta daging, namun sering kali kita memasak daging itu masik terasa alot atau tidak empuk, dan kali ini saya akan berbagi tips 4 cara agar daging empuk dan tidak alot, cara cara atau Tips tips ini benar benar berasal dari tanah air indonesia karena dari semua tips ini menggunakan tanaman dan buah buahan dari indonesia, berikut kilasannya;

Mengempukkan daging dengan pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengempukkan daging. Caranya mudah saja, cukup meremas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian gunakan untuk membungkus daging, diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu daging dicuci bersih, tiriskan, dan siap diolah. Cara ini cocok untuk masakan daging yang dibakar seperti sate atau steak.
Selain daun Anda bisa juga menggunakan buah papaya yang masih muda direbus bersamaan dengan daging.
Buat Anda yang tidak ingin repot, dewasa ini seiring perkembangan kuliner, sudah tersedia bubuk instant yang fungsinya untuk mengempukkan daging. Bubuk ini umumnya mengandung enzim papain yang diekstrak dari getah pohon pepaya. Cara penggunaannyapun cukup mudah, setelah daging dicuci bersih, daging cukup ditaburi dan diremas-remas dengan bubuk tersebut, dan diamkan selama beberapa saat, maka daging akan jauh lebih empuk. Bubuk papain ini dapat ditemukan di supermarket dalam bentuk kemasan.

Mengempukkan daging dengan nanas

Nanas mengandung enzim bromelin, yang cara kerjanya sama dengan enzim papain pada pepaya. Enzim bromelin ini dapat menguraikan serat-serat daging sehingga menjadi daging lebih empuk saat diolah. Sebenarnya kulit nanas terbukti cepat mengempukkan daging, tetapi apabila Anda ragu akan kehigienisannya, Anda bisa menggunakan parutan dari nanas muda. Untuk 1 kg daging biasanya cukup menggunakan sekitar 250 gr nanas yang telah diparut. Caranya parut nanas lalu balurkan ke daging, diamkan selama sekitar 45 menit, lalu bilas daging hingga bersih dengan air mengalir, tiriskan, dan daging siap diolah. Cara ini cocok untuk daging yang akan dimasak dengan cara ditumis atau dibuat sayur.

Mengempukkan daging dengan kiwi

Salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging adalah kiwi. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging menjadi cepat empuk. Caranya dengan meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kg daging biasanya diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi dan diamkan selama 1-2 jam sebelum diolah.

Mengempukkan daging dengan pisang

Alternatif lain untuk membuat daging empuk bisa dengan cara memanfaatkan kulit pisang. Kandungan bahan aktif alami di dalam kulit pisang ini ternyata bisa membantu menguraikan protein dalam daging sehingga daging bisa lebih cepat empuk. Hebatnya lagi, kulit pisang juga membuat daging yang diolah tidak kering dan tentu saja tidak merubah cita rasanya.

betulkan kalau semua Tips Agar Daging Empuk ini berasal dari kecerdasan bangsa kita, kita bisa bangga walaupun hanya dalam bab makanan bangsa kita lebih hebat dari yang lain, bangsa kita kaya akan kealamiannya jika dibandingkan negara lain yang serba instan, kebanyakan hal hal instan akan membuat hidup kita jadi instan, dan penyakit serta maut pun akan lebih instan.

www.resepibuiis.blogspot.com  mengucapkan selamat hari raya idul adha semoga amal ibadah kita diterima Alloh swt, aaaaaaaaamiiiiiiiiiiin.
sumber:  luvizhea.com

0 Response to "4 Cara Agar Daging empuk"